Kamis, 29 Desember 2011

PENDAPAT MENGENAI PENDUDUK, MASYARAKAT DAN KEBUDAYAAN

Penduduk adalah orang yang telah lama tinggal dan menetap di suatu negara baik orang tersebut Warga Negara maupun Warga Negara Asing. Penduduk memiliki peranan yang sangat penting dalam Negara nya, baik itu kepentingan ekonomi, sosial dan kepentingan hukum. Penduduk berhak untuk melakukan setiap aktivitasnya. Penduduk yang tinggal di bukan negara aslinya biasa disebut Warga Negara Asing. Mereka tinggal di Indonesia atas banyak hal, misalnya saja untuk kuliah atau bekerja.

Masyarakat adalah orang yang menetap di suatu wilayah dan orang tersebut merupakan orang asli negaranya. Masyarakat terbentuk di dalam keluarga intinya. Sifat dan wataknya tumbuh disana. Sifat dan watak tersebut yang menjadikannya memiliki citra di dunia luar, baik dan buruknya.

Kebudayaan adalah suatu maha karya seni yang tinggi. Kebudayaan bagian dari seni. Kebudayaan tradisional Indonesia telah dikenal di dunia. Kebudayaan itu banyak jenisnya, ada Seni Tari, Seni Musik, Seni Lukis dan lain lain. Indonesia kaya akan Tarian Tradisional. Lebih dari 100 jenis tarian berkembang dengan sangat baik sejak jaman nenek-moyang dulu. Indonesia juga terkenal akan batiknya, batik Indonesia merupakan batik pesohor di dunia. Indonesia juga memiliki alat musik tradisional seperti angklung. Permainan angklung pun telah dipentaskan di luar negeri.

DINAMIKA PENDUDUK
Pertumbuhan penduduk, kualitas sumber daya manusia (SDM) yang rendah, dan sempitnya kesempatan kerja merupakan akar permasalahan kemiskinan. Jadi aspek demografis mempunyai kaitan erat dengan masalah kemiskinan yang dihadapi di Indonesia pada saat ini. Daerah miskin sering ditinggalkan penduduknya untuk bermigrasi ke tempat lain dengan alasan mencari kerja. Mereka dapat berpindah secara permanen, menjadi migran ulang-alik, menjadi migran sirkuler yakni bekerja di tempat lain dan pulang ke rumahnya sekali dalam beberapa minggu atau beberapa bulan.

Kemiskinan berkaitan erat dengan kemampuan mengakses pelayanan kesehatan serta pemenuhan kebutuhan gizi dan kalori. Keluarga mempunyai tanggung jawab terhadap pemenuhan kebutuhan pelayanan dasar anggotanya seperti pendidikan, kesehatan, dan lingkungan hidup. Oleh karenanya diperlukan pemberdayaan keluarga terutama melalui peningkatan akses terhadap informasi tentang permasalahan ini. Kesimpulannya adalah bahwa pertumbuhan penduduk berkaitan dengan kemiskinan dan kesejahteraan masyarakat.

Pertumbuhan penduduk, kualitas sumber daya manusia (SDM) yang rendah, dan sempitnya kesempatan kerja merupakan akar permasalahan kemiskinan. Jadi aspek demografis mempunyai kaitan erat dengan masalah kemiskinan yang dihadapi di Indonesia pada saat ini. Daerah miskin sering ditinggalkan penduduknya untuk bermigrasi ke tempat lain dengan alasan mencari kerja.

PERKEMBANGAN DAN PERUBAHAN KEBUDAYAAN
Kebudayaan selalu dimiliki oleh setiap masyarakat, hanya saja ada suatu masyarakat yang lebih baik perkembangan kebudayaannya dari pada masyarakat lainnya untuk memenuhi segala kebutuhan masyarakatnya. Pengertian kebudayaan banyak sekali dikemukakan oleh para ahli. Salah satunya dikemukakan oleh Selo Soemardjan dan Soelaiman Soemardi, yang merumuskan bahwa kebudayaan adalah semua hasil dari karya, rasa dan cipta masyarakat.

Karya masyarakat menghasilkan teknologi dan kebudayaan kebendaan, yang diperlukan manusia untuk menguasa alam sekitarnya, agar kekuatan serta hasilnya dapat diabdikan untuk kepntingan masyarakat. Rasa yang meliputi jiwa manusia mewujudkan sega norma dan nilai masyarakat yang perlu untuk mengatur masalah-masalah kemasarakatan alam arti luas., didalamnya termasuk, agama, ideology, kebatinan, kenesenian dan semua unusr yang merupakan hasil ekspresi dari jiwa manusia.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Sweet Tomatoes Printable Coupons