Minggu, 06 Maret 2011

RINGKASAN MAKALAH IBD SESI 1


PERAN KEBUDAYAAN DALAM MEMBENTUK KEPRIBADIAN 

BAB I
PENDAHULUAN


1.1    Latar Belakang
Sekarang bangsa Indonesia sudah berada dalam era globalisasi, satu era yang ditandai dengan "menciutnya" dunia disebabkan berkembangnya teknologi informasi. Dalam era ini dunia yang sebenarnya luas terkesan menjadi sempit karena daya jangkau informasi yang semakin panjang, semakin luas, dan semakin cepat sehingga membuka kemungkinan sistem aksesabilitas yang makin sempurna.
Dalam laporan UNDP “Human Development Report 1999” (1999) disebutkan secara jelas ciri-ciri globalisasi sbb: (1) Ethic, adapun maksudnya ialah tuntutan untuk mengakhiri kekerasan dan pelanggaran HAM; (2) Inclusion, maksudnya ialah adanyatuntutan untuk memperkecil perbedaan-perbedaan antarbangsa; (3) Human Security, yaitu adanya tuntutan sanggup mengeliminasi instabilitas sosial; (4) Sustainability, yaitu adanya tuntutan untuk meminimalisasi perusakan lingkungan; serta (5) Development, adanya kesanggupan untuk berusaha mengakhiri kemiskinan dan deprivasi.

Jiwa dari globalisasi itu sendiri, adalah informasi yang tidak berbatas (borderless information). Di dalam situasi yang seperti ini terjadilah proses lintas budaya (transcultural) serta silang budaya (cross cultural) yang kemudian mempertemukan nilai-nilai budaya yang satu dengan yang lainnya. Pertemuan nilai-nilai budaya, atau disebut kontak budaya (cultural contact) , dapat menghasilkan dua kemungkinan; pertama, pertemuan tanpa menghasilkan nilai-nilai baru yang bermakna disebut dengan asimilasi (assimilation), serta kedua, pertemuan yang membuahkan nilai-nilai baru yang bermakna disebut akulturasi (acculturalization).

Di dalam konteks kebudayaan nasional, globalisasi itu bukan sesuatu yang menakutkan namun justru membuka peluang untuk menciptakan kemajuan kebudayaan yang positif; meski globalisasi itu sendiri tidak bebas dari unsur-unsur negatif. Untuk mengantisipasi itu bangsa Indonesia memiliki pedoman yang disebut "Teori Trikon”, yang terdiri dari tiga komponen sbb: Kontinuitas, melanjutkan budaya para “leluhur” bangsa yang mengandung nilai-nilai positif; Konvergensi, membuka peluang bagi budaya mancanegara untuk berakulturasi dengan budaya Indonesia; dan Konsentrisitas, hasil pertemuan budaya mancanegara dengan budaya Indonesia hendaknya dapat menghasilkan budaya (nilainilai) baru yang bermakna.

Banyak pendapat yang menyatakan bahwa saat ini kebudayaan nasional tidak kondusif untuk mendukung pembangunan nasional yang berkelanjutan. Untuk itu diperlukan suatu perubahan budaya agar pembangunan nasional yang dijalankan bangsa Indonesia dapat membuahkan hasil yang optimal. Sebagaimana yang dicantumkan di dalam "Strategi Pembinaan dan Pengembangan Kebudayaan Indonesia" (2000) pada dasarnya perubahan budaya bangsa Indonesia itu meliputi dua aspek sekaligus; masing-masing menyangkut perubahan sistem pengetahuan dan perubahan budaya politik. Di satu sisi sistem pengetahuan harus lebih ditingkatkan kualitasnya dan di sisi lain perubahan budaya politik masyarakat harus lebih direalisasikan.

1.2    Tujuan

Tujuan dari penulisan makalah ini menganalisis Peran Kebudayaan Dalam Membentuk Kepribadian baik dari segi internel maupun eksternal bangsa Indonesia.

BAB  II
PERMASALAHAN

Analisis Peran Kebudayaan Dalam Membentuk Kepribadian baik dari segi internal maupun eksternal bangsa Indonesia dapat dilihat dr metode SWOT yaitu sebagai berikut :

2.1    Kekuatan (Strenght)

Ø    Keanekaragaman budaya lokal yang ada di Indonesia.
Indonesia memiliki keanekaragaman budaya lokal yang dapat dijadikan sebagai aset yang tidak dapat disamakan dengan budaya lokal negara lain. Budaya lokal yang dimiliki Indonesia berbeda-beda pada setiap daerah. Tiap daerah memiliki ciri khas budayanya, seperti rumah adat, pakaian adat, tarian, alat musik, ataupun adat istiadat yang dianut. Semua itu dapat dijadikan kekuatan untuk dapat memperkokoh ketahanan budaya bangsa dimata Internasional.

Ø    Kekhasan budaya Indonesia.
Kekhasan budaya lokal yang dimiliki setiap daerah di Indonesia memliki kekuatan tersediri. Misalnya rumah adat, pakaian adat, tarian, alat musik, ataupun adat istiadat yang dianut. Kekhasan budaya lokal ini sering kali menarik pandangan negara lain. Terbukti banyaknya warga asing yang  mempelajari budaya Indonesia seperti belajar tarian khas suat daerah atau mencari barang-barang kerajinan untuk dijadikan buah tangan. Ini membuktikan bahwa budaya bangsa Indonesia memiliki ciri khas yang unik.

2.2    Kelemahan (Weakness)

®    Aturan tidak selamanya sebagai penjamin adanya suatu kebaikan bersama (bonum commune).
Negara Indonesia yang terbentuk sebagai suatu kesepakatan bersama (konvensi) memiliki tugas untuk melindungi, mengayomi, memimpin serta menghantar masyarakatnya menuju kesejahteraan bersama. Termasuk dalam konvensi itu, kebudayaan yang melingkupi seni tarian, lagu, legenda, dan sebagainya merupakan kekayaan yang mendatangkan keuntungan besar bagi Negara karena mampu mendatangkan devisa bagi Negara dengan menarik minat para wisatawan baik lokal maupun internasional.

®    Ketiadaan inventarisasi kebudayaan seluruh wilayah di Indonesia dan ketegasan pemerintah.
Pemerintah telah menghimbau kepada seluruh kepala daerah untuk melakukan pengecekan dan mengiventarisasikan hasil, bentuk, dan karya seni budaya di daerahnya masing-masing dan melaporkannya kepada jajaran terkait.

2.3    Peluang (Opportunity) 

Memperluas Wawasan Khasanah Bangsa kepada Dunia Luar
Komunitas global tentunya mempunyai peran yang sangat penting dalam proses memperkenalkan budaya asing kepada negara lain. Komunitas yang pastinya terdiri dari orang – orang atau mahasiswa yang berasal dari berbagai Negara di segala penjuru dunia ini akan sangat bermanfaat untuk memberikan opini / ide – ide untuk bertukar informasi mengenai budaya yang berkembang di Negara mereka masing.

2.4    Tantangan (Threat) 
  • Kemajuan Teknologi
Meskipun dipandang banyak memberikan banyak manfaat, kemajuan teknologi ternyata menjadi salah satu factor yang menyebabkan ditinggalkannya budaya lokal. Misalnya, sistem sasi (sistem asli masyarakat dalam mengelola sumber daya kelautan/daratan) dikawasan Maluku dan Irian Jaya. Sistem sasi mengatur tata cara sertamusim penangkapan ikan di wilayah adatnya, namun hal ini mulai tidak di lupakan oleh masyarakatnya.
  • Masuknya Budaya Asing
Masuknya budaya asing menjadi tantangan tersendiri agar budaya lokal tetap terjaga. Dalam hal ini, peran budaya lokal diperlukan sebagai penyeimbang di tengah perkembangan zaman.
2.5    Rekomendasi

a.    Mempertahankan aset budaya bangsa. Tiap daerah memiliki ciri khas budayanya, seperti rumah adat, pakaian adat, tarian, alat musik, ataupun adat istiadat yang dianut. Semua itu dapat dijadikan kekuatan untuk dapat memperkokoh ketahanan budaya bangsa dimata Internasional.

b.    Kebudayaan yang melingkupi seni tarian, lagu, legenda, dan sebagainya merupakan kekayaan yang mendatangkan keuntungan besar bagi Negara karena mampu mendatangkan devisa bagi Negara dengan menarik minat para wisatawan baik lokal maupun internasional.

c.    Cintai Produk Dalam Negeri. Di zaman globalisasi sekarang ini membuat orang lupa pada budayanya sendiri. Westernisasi/kebarat-baratan terjadi di mana-mana. Orang lebih suka pada warna rambut yang pirang, pintal, memakai pakaian luar negeri dibandingkan dengan warna rambut hitam, atau pakaian dengan merk dalam negeri seperti batik.

BAB III
PENUTUP

3.1    Kesimpulan

Kita sebagai warga Negara perlu membereskan semua persoalan dari dalam kehidupan kita seperti menumbuhkan minat dan cinta pada produk, seni dan budaya bangsa kita sendiri. Kebanggan sebagai bangsa tak lepas dari kekuatan pemikiran. Jika tidak pernah ada rangsangan dan gairah menyala-nyala atas tradisi berpikir kebudayaan, kita tidak akan pernah menemukan letak kebanggaan itu dan tanpa sadar melarutkan diri ke tengah pusaran negativitas globalisasi, menjadi bangsa inlander kembali dan akan merubah kepribadian bangsa yang syarat akan nilai budaya dan agama.

Maka untuk berakar secara kuat pada budaya sendiri, pemerintah perlu membuat inventarisasi seluruh seni dan budaya secara serius yang kemudian diteruskan pada lembaga atau instansi terkait, merampingkan dan memudahkan proses birokrasi untuk memperoleh hak paten atas karya seni yang dihasilkan dengan kemampuan sendiri sehingga kita tidak perlu ragu melainkan secara tegas, dan berani menuntut kembali milik kita yang diklaim secara sepihak oleh pihak asing.

3.2    Saran

Mengembalikan jati diri bangsa seakan sangat susah apa lagi harus di hadapkan dengan kehidupan era globalisasi yang menganut sistem kebebasan.Tanpa kesadaran dari masing-masing individu,jati diri bangsa sebagai negara yang berbudaya sulit kita capai. Remaja cuek termasuk disaat mereka berinteraksi dengan orang tua,kesannya tak peduli akan kehidupan sekitar.Mereka betul betul terbawa arus globalisasi karena hal itu mereka bertindak sesuka hati,Seperti sekarang ini mereka membentuk gank atau organisasi di sekolah untuk melakukan hal hal anarki yang mengarah padah pengrusakan fasilitas umum.

Moral generasi bangsa jadi rusak, timbul tindakan anarkis antar golongan muda dan lambat laun jiwa nasionalisme akan berkuran karena tidak adanya rasa cinta terhadap budaya bangsa kita sendiri dan hilangnya rasa peduli terhadap masyarakat. Munculnya sikap individualisme menimbulkan rasa tidak peduli terhadap masyarakat, lingkungan dan bangsa. Inilah kenyataan yang merupakan zaman dimana kebebasan di wajarkan, hal yang tak baik di biasakan. 

JAGA DAN CINTAI BANGSA KITA.

0 komentar:

Posting Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Sweet Tomatoes Printable Coupons